Speed Up Your Elementor Sites

Kecepatan website merupakan hal yang esensial. Dan beberapa belum memahami tentang bagaimana cara mengoptimasi website dengan baik.
Narwastu Nagoro

Narwastu Nagoro

Speed Up Your Elementor Sites merupakan salah satu topik dari acara Elementor Meetups Jakarta yang kedua. Acara ini membahas bagaimana cara mempercepat website yang dibuat melalui Elementor.

Kecepatan website merupakan hal yang esensial. Dan beberapa belum memahami tentang bagaimana cara mengoptimasi website dengan baik. Pada topik Speed Up Your Elementor Sites menjelaskan beberapa hal yaitu:

  1. Cara Membaca GTMetrix
  2. Optimasi Gambar
  3. Optimasi Video
  4. Optimasi Lainnya

Karena terkendala waktu, saya sebagai pembicara meminta maaf jika apa yang diberikan terlalu singkat. Untuk mengingatkan kembali kepada peserta yang hadir. Semoga apa yang saya bagikan pada saat pada Elementor Meetups Jakarta dapat berguna.

Cara Membaca GTmetrix

Sebenarnya ada berbagai macam alat untuk membaca kecepatan website ada GTMetrix. Google Pagespeed, Pingdom. Ketiganya memiliki parameter yang berbeda-beda. GTMetrix bagi saya memiliki parameter yang relevan dibandingkan keduanya. Dan juga memiliki Waterfall yang mudah dibaca.

Cara Membaca GTMetrix secara lengkap Anda dapat melihat dokumentasi dari GTMetrix tentang Waterfall disini : https://gtmetrix.com/blog/how-to-read-a-waterfall-chart-for-beginners/

Tetapi, saya akan menyebutkan bagian mana saja yang penting untuk membaca GTMetrix.

Optimasi Lainnya

Adapun, selain mengoptimasi Gambar, Video dan juga CSS dan JS tertentu. Ada beberapa hal yang harus dioptimatisasi.

Menggunakan Sedikit Font

Saya menemukan pada beberapa website menggunakan variasi font yang sangat banyak. Padahal jumlah font dapat memperlambat kecepatan website Anda. Saya hanya menyarankan Maksimal 2 font pada setiap website.

Memilih Tema yang diperlukan

Tema pada Elementor sangat esensial. Tidak semua tema dapat support penuh terhadap Elementor.

Daftar Isi: